21/01/14

Cara membuat poto slideshow di macromedia flash 8

CARA MEMBUAT POTO SLIDESHOW DI MACROMEDIA FLASH 8

        Sobat-sobat yang baik untuk mengisi waktu luang anda,,, yu,, kita manfaatkan dengan membuat poto slide sederhana dengan menggunakan aplikasi macromedia flash professional. Tanpa banyak kata, kita langsung kerja ya,,,, oya, kalau sobat belum punya aplikasinya, sobat download saja dulu, cari di sidukun serba tahu yaitu mbah google… kalau sudah  didownload langsung install saja,,,, nah sekarang kita lanjut ke cara pembuatannya…

    1.     Sobat susun dulu poto poto yang menurut sobat keren dan simpan dikomputer sobat.
    2.     Buka macromedianya dan akan tampil seperti gambar dibawah ini.


    3.     Kemudian klik “Flash Document” (aku kasih tanda kotak biru).


    4.         Silahkan atur ukuran yang sobat inginkan dengan cara “ klik Properties” yang dikasih kotak biru, kemudian klik “size” dan atur ukurannya di “Dimensions”, lalu klik “OK”


    5.         Setelah selesai menyesuaikan ukuran, sobat buat 3 layer dengan cara klik insert layer, yang ditandai kotak biru, lalu masing masing layer sobat ganti namanya dengan cara “klik 2kali layer tersebut”.  layer 1 ganti namanya dengan “background” layer 2 dengan “button” layer 3 dengan “actions”. Lihat gambar di bawah ini.


    6.          Kemudian sobat klik “file” pilih “import” dan pilih “import to library” lalu cari poto poto yang tadi sobat susun dimana sobat menyimpannya.. stelah ketemu klik poto poto tersebut, lalu klik “open” dan di menu library akan tampil poto poto yang tadi sobat pilih.


    7.          Selanjutnya sobat klik “layer background” lalu Drag gambar ke 1 dari menu library ke Area stage.

   
    8.         Kemudian sobat klik layer “button”, lalu cari menu “window” di atas sejajar dengan file, edit, view dll. Sobat pilih “common libraries” dan pilih “buttons” dan akan tampil menu “library buttons” ,, selanjutnya sobat geser scroll di library buttons dan cari “playback rounded” ,,lalu klik “rounded green back” terus drag ke stage,, kemudian sobat klik “rounded green forward” drag juga ke stage,, close library buttons,, lihat gambar….. sampai disini sobat paham ??????


    9.        Selanjutnya sobat klik layer “button” lalu klik sembarang di stage. Setelah itu klik kanan pada button “rounded green forward” lalu pilih dan klik “actions”



    10.     Setelah actions terbuka, kemudian sobat isikan script ini : on(release){gotoAndStop(2);}   lihat gambar 



    11.        Selanjutnya sobat klik layer “actions”, lalu arahkan kursor ke “frame” dibawah angka 1 ( aku kasih kotak biru dan lihat gambar ), setelah itu sobat klik kanan di frame tersebut dan pilih “actions” lalu klik, kemudian isikan script ini di actions tersebut : stop();


    12.      Setelah selesai langkah 11, sekarang sobat “klik kanan frame 2 layer background”, lalu pilih dan klik “insert keyframe” lakukan hal yang sama pada “layer button dan layer actions” ( lihat gambar ).


    13.     Kita lannjutkan yaaa,,,,, sekarang sobat klik “frame 2 layer background” kemudian tekan tombol delete di keyboard sobat, setelah itu drag gambar ke 2 yang ada di “library” ke area stage (lihat gambar).


    14.       Setelah selesai di frame 2 layer background, sekarang klik “frame 2 layer button” lalu klik sembarang di area stage, setelah itu klik kanan  “rounded green back” (lihat gambar), pilih dan klik “actions” kemudian isikan script ini on(release){gotoAndStop(1);}


          , setelah itu sobat klik kanan “rounded green forward” pilih dan klik “actions” kemudian isikan script ini on(release){gotoAndStop(3);}    (lihat gambar)


      15.     Untuk selannjutnya sobat klik kanan “frame 3 layer background” klik dan pilih “Insert Keyframe” lakukan hal yang sama pada layer button dan actions,, langkah ini sama persis dengan langkah 12 Cuma frame nya saja yang di tambah.

     16.     Sekarang sobat klik “frame 3 layer background” kemudian tekan tombol delete di keyboard sobat, setelah itu drag gambar ke 3 yang ada di “library” ke area stage. ( langkah ini sama dengan langkah ke 13 Cuma frame ditambah dan poto nya yang berbeda).

    17.     Setelah selesai di frame 3 layer background, sekarang klik “frame 3 layer button” lalu klik sembarang di area stage, setelah itu klik kanan  “rounded green back” pilih dan klik “actions” kemudian isikan script ini on(release){gotoAndStop(2);}
, setelah itu sobat klik kanan “rounded green forward” pilih dan klik “actions” kemudian isikan script ini on(release){gotoAndStop(4);}    

    18.     Ini saya kasih contoh  dengan 3 poto ,, bila sobat memiliki banyak poto yang akan sobat kerjakan ,caranya sama seperti poto 1, 2, 3. Seterusnya seperti itu. Dan yang harus sobat perhatikan !!!!!!    Bila sobat lagi bekerja pada frame frame selanjutnya  maka actions script button rounded green back adalah lebih kurang dari frame yang lagi sobat kerjakan sedangkan actions script rounded green forward adalah lebih besar dari frame yang sobat kerjakan, contoh : sobat lagi bekerja pada frame 4 maka actions script rounded green back adalah  on(release){gotoAndStop(3);}  sedangkan actions script rounded green forward adalah    on(release){gotoAndStop(5);}      Begitulah sobat lakukan pada poto poto selanjutnya,,, sampai disini sobat pahamkan????

    19.     Bila sobat sudah selesai silahkan lihat dengan menekan control+enter, lalu simpan  dengan cara klik “file” dipojok kiri atas lalu pilih “export” lalu klik “export movie” isikan di “file name” dengan nama yang sobat kehendaki,,, “save as type” nya swf lalu kklik save,,,, selesai sudah kerjaan sobat,,, selamat bekerja dan jangan pernah putus asa ya,,,,,,,, jika masih belum paham,,,, silahkan ditunggu komentarnya,.,.
    


    




    













1 komentar:

  1. Terimakasih, tutorialnya bermanfaat banget nanti di coba deh…

    Sekarang ini hampir setiap pekerjaan menuntut kita untuk menggunakan komputer dan berbagai software penunjang. Mulai dari software pengolah kata, angka, program, dan desain grafis. Bingung cara belajarnya? Kunjungi Kumpulan Tutorial Gratis , berbagai konten tutorial gratis yang bisa membantu kamu

    BalasHapus