18/07/13

CARA MEMBUAT JAM DIGITAL BESERTA HARI DAN TANGGAL DI MACROMEDIA FLASH 8 DENGAN BACKGROUND BUATAN SENDIRI

          Di postingan yang saya tulis kemarin mungkin gak begitu lama perbedaan harinya dengan postingan kali ini, saya telah menjelaskan bagaimana cara membuat jam analog di macromedia flash 8, naah sekarang saya akan menjelaskan juga tentang cara membuat jam digital beserta hari dan tanggal di macromedia falsh 8 dengan background buatan sendiri . Tanpa banyak bicara lagi kita menuju ke bawah tulisan ini.
1. Pertama sobat harus punya macromedia flash 8. Sobat belum punya mah gampang tinggal tanya saja       google dia pasti tahu.
2. Buka macromedianya lalau klik flash document.( lihat gambar )

3 Kemudian tekan control+f3 di keyboard sobat untuk menampilkan halaman properties, lalu klik size (    aku kasih tanda biru )untuk menampilkan document properties ,disini sobat bisa mengatur ukuran,            terserah sobat ( aku kasih contoh 320 x 240 ) dalam kolom dimension dan isi kolom title dan description,    isiannya terserah sobat, lalu klik OK.( lihat gambar )


4.   Selanjutnya sobat klik layer 1 (aku kasih tanda biru ) lalu klik kanan terus klik properties dan ganti namanya dengan background , ( lihat gambar )
       lalu sobat masukan backgroundnya dengan klik file ( aku kasih tanda biru ) kemudian pilih import >> import to stage lalu pilih backgroundnya kemudian klik open ( lihat gambar dibawah ini )



5.   Masih di layer background, lihat properties kalau belum muncul sobat tekan control+f3 pilih dynamic Text lalu sobat buat kotak sebanyak 5 buah kotak dengan text tool atau tekan T dikeyboard sobat Sesuaikan kotak dengan huruf dan angka yang sobat atur ukuran dan warnanya di properties aku kasi tanda biru ( lihat Gambar ).

6.   Sampai disini sobat paham???? Ok kita lanjut.  Pilih selection tool ( aku kasih tanda biru ) kemudian sobat klik kotak pertama, di properties kolom Instance Name (aku kasih tanda biru ) isikan jam_nz >> pilih kotak kedua Instance Name isikan detik_nz >> pilih kotak ke tiga Instance Name isikan menit_nz pilih kotak ke empat Instance Name isikan ampm_nz >> pilih kotak kelima , untuk kotak ini sobat tidak usah mengisi kolom Instance Name tapi lihat kolom Var ( aku kasih tanda biru ) sobat isikan date. lebih jelasnya sobat lihat gambar di bawah ini.

7.    Setelah sobat menyelesaikan uraian di atas, sobat buat 3 layer baru dengan klik icon  insert layer ( aku kasih tanda biru ) lalu sobat ganti namanya layer 2 dengan jam nz, layer 3dengan date nz dan layer 4 dengan script cara mengganti namanya sudah saya jelaskan di uraian no 4 di atas. ( lihat gambar )

8.    Sobat klik frame 1 dilayer jam nz di bawah angka 1 ( lihat gambar aku kasih tanda biru )
kemudian tekan F9 di keyboard sobat dan akan muncul halaman action. Di halaman actions ini sobat salin kode actions script dibawah ini



9.    Selanjutnya sobat klik frame 1 layer date lalu tekan F9 kemudian salin dan isikan code actions script di bawah ini
                                         

10.    Setelah itu sobat klik frame 2 layer actions kemudian klik kanan lalu pilih atau klik insertkey frame ( lihat gambar ) kemudian kemudian copy kode dibawah ini          gotoAndPlay(1);         lalu paste di halaman actions.


11.    Terakhir sobat klik kanan frame 2 layer date nz kemudian klik insert frame, lakukan hal yang sama pada layer jam nz dan layer background, lalu tekan control+enter untuk melihat hasilnya. Untuk menyimpan nya sobat klik File di pojok kiri atas >> klik export >>export movie >> pilih folder penyimpanannya >> kasih nama >> type filenya swf  >> klik save >> klik OK................................mudah2an bermafaat.......................................................








Tidak ada komentar:

Posting Komentar